10 Tahun lagi bisa punya apa?

Hobi saya selain males dan tidur adalah "menghayal" =)) yah menghayal yang ringan-ringan aja. Sebelum tidur pikiran saya suka bercabang pada banyak hal. Pastinya bukan hanya mengkhayal tapi lebih ke IMPIAN.

Seriously, pernahkah terpikir sama kalian, apa yang bisa kita capai dalam 10 tahun kedepan? bisa punya apa dalam 10 tahun kedepan? Dengan kerjaan sekarang,dengan gaji segini, 10 tahun kedepan apa yang bisa kita capai? 

Namanya hidup rasanya ga afdol kalo ga punya target. Apalagi buat yang laki-laki ngaku aja deh loe  pasti punya target nikah , bikin rumah, trus target buat orang tua? 

Target hidup itu sendiri jelas harus dibarengi dengan aksi nyata buat mencapainya. Contoh kayak saya. Target saya adalah bebas finansial ya jelas itu juga target semua orang keles, is .  Ngomongin tentang bebas finansial adalah keadaan dimana setidaknya kita tidak lagi bimbang terhadap harga saat kita belanja?

Saya tidak membicarakan tentang kehidupan mewah berlimpah harta kayak bela sofi ya. yang saya bahas disini adalah satu fase dimana kita bisa hidup, belanja, jajan, liburan dengan tenang , senang tanpa mikir lagi "sisa berapa ya tabungan gue?"

Dalam benak saya kalo udah dapet keadaan seperti itu surga banget deh ya. Tapiiii,, harus ada satu syarat lainnya yaitu kita harus sehat wal'afiat. Percuma hidup bebas finansial tapi kena kanker, kena tumor, kena gagal ginjal . naudzubillah, sambil berbie ketok2 meja.

Saya tidak memimpikan hidup dengan 2-3 mobil mewah, liburan tiap minggu ke eropa, belanja tas-tas branded dengan harga setara rumah KPR jaman sekarang. Gak. Saya mengharapkan hidup saya bisa makan 3x sehari dengan tenang. Mw jajan tinggal jajan. Mau liburan, oke liburan ke kota-kota kece di indonesia. Backpacker-an pula. 

Saya mengharapkan hidup dan tinggal disebuah rumah yang asri. Dengan kolam ikan. Mungil. Dimana ada sirkulasi udara yang baik. Tempat masak dan alat-alat masaknya lengkap. Gak harus besar. Lantainya ga harus pualam asal jangan berlantaikan tanah aja sih .

Saya mengharapkan hidup dimana saya bisa belanja apa yang saya BUTUHKAN dengan tenang. Beda kata-kata butuh dengan kata-kata ingin ya. BUTUH itu artinya kita memang membutuhkan barangnya. Kalo INGIN mah cuman laparmata aja. Contoh seperti saya yang ingin memiliki bulu mata yang dipake miley cyrus di acara oscar seharga 7jutaan itu  yang kayak gitu kan edan namanya.

Saya bicara tentang bisa makan enak dengan lauk pauk 4 sehat 5 sempurna tiap hari. Bisa belanja dan masak dengan tenang tanpa diimet-imet. Lengkap dengan sayuran, buah dan susu.

Giliran mau jajan, ya jajan aja. Mau KFC atau JCo tengah malam pun hayo aja. Ga perlu menghemat bahwa itu akan menguras tabungan. Gak sering sih jajannya. Tapi pas pengen jajan ya ada.

Liburan. Bukan liburan mewah ke eropa. Ke negara2 arab sana. gak. Liburan keluar kota aja. malang. Bandung. Jogja. Raja Ampat sekalipun. Tiket pesawat cari yang promo. hotel cari yang mumer tapi berkualitas. Backpacker aja. Ga takut sesat neng backpackeran? sekarang jamannya internet. Semua informasi dapat dengan mudah kita dapatkan. Termasuk info gimana caranya supaya gak nyasar pas liburan.

Ada juga kebebasan untuk bersedekah. Really, guys. I mean, setelah semua kebutuhan kita yang pokok tercukupi lalu kita PASTI BISA memperhatikan orang-orang disekitar kita. Orang-orang yang membutuhkan. Kita ga perlu takut kekurangan uang dan kehabisan tabungan hanya karna bersedekah sebesar 30% dari penghasilan kita tiap bulannya. Saya membayangkan hidup TANPA kata-kata ini "gimana mau sedekah , gue aja kurang-kurang"

Ga usah jauh-jauh deh sedekah ke panti, anak yatim. Noh kalo kita mau sedikit membuka mata. Lihat sekeliling kita kan ya. Pasti ada tetangga dan keluarga kita yang lagi kesusahan. Mau makan aja susah. :( ADA loh ada !

Saya membayangkan hidup yang BEBAS HUTANG. Serius. Hidup aja normal tanpa ada hutang apapun yang mengikat. Cicilan-cicilan okelah boleh ada. CIcilan rumah. CIcilan kendaraan. Tapi hutang sampai puluhan dan ratusan juta sama orang? 

Sederhana. Saya tidak memimpikan punya apapun. Tidak bercita-cita punya barang mewah apapun 10 tahun kedepan. Saya hanya mengharapkan kehidupan yang cukup. Damai. Tentram sehingga saya bisa tenang buat ibadah. Ga mikir kerja forsir lembur sampai malam. 

Kehidupan dimana kita bisa tidur tenang tanpa ditagihin utang sama orang. Bisa sedekah minimal sama keluarga terdekat bisa belanja kebutuhan tanpa liat harga . Kalo udah tenang kayak gitu, betapa tenangnya juga menjalani hidup ya kan ? ditoyor semua orang di blogger =))







6 Comments:

  1. hmm.. nice, bisa buat bahan renungan nih...

    BalasHapus
  2. iya udah harus mulai melek investasi sekarang. btw makasi kunjungannya ya vina. saya cuss blogwalking ke blog kamu ya

    BalasHapus
  3. 10 tahun lg ada krna sekarang kit ada...

    BalasHapus
  4. Luar biasa,. Ini memang memberikan banyak catatan bagi kita semua. Orang bilang biarlah ritme kehidupan itu mengalir apa adanya, Namun dalam pandangan saya pribadi tidak ada salahnya punya angan dan cita cita dengan resiko terukur tentunya, Dari cita cita itulah kita bisa menemukan PASSIOn dalam hidup

    BalasHapus
  5. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat ,saya suka artikelnya, ini bisa jadi alternatif untuk persiapan pensiun,pendidikan,dll :
    Melipatgandakan asset cara aman terukur dengan berkebun jabon
    http://i-gist-indonesia.blogspot.co.id/p/blog-page_9.html

    BalasHapus

 

NonaSunda Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang